Yayasan Ika Siwalima

Bersama Membangun Maluku

Kenapa Yayasan ini Didirikan

Masyarakat Maluku telah mengalami kerusuhan sosial yang terjadi dalam periode 1999-2004. Hal ini mengakibatkan kerenggangan dalam masyarakat yang telah lama hidup harmonis dalam keberagaman suku dan agama. Alumnus program studi IK 1995, yang berasal dari kedua komponen masyarakat di atas, merasa terpanggil untuk berperan serta sebagai salah satu kekuatan rekonsiliasi dalam masyarakat Maluku. “Ika Siwa Lima” dapat diartikan sebagai kehendak bebas dari anak daerah Maluku, baik dari komponen Siwa (baca : Kristen) dan Lima (baca : Islam) untuk bersatu, mengikatkan diri pada komitmen bersama dengan seluruh masyarakat Maluku dalam membangun kembali daerah ini pasca kerusuhan. Karenanya, yayasan Ika Siwalima bersifat inklusif dengan menyambut partisipasi dan kerja sama dari berbagai pihak.

Bertolak dari pemaparan di atas maka Yayasan Ika Siwalima bertujuan untuk berperan serta sebagai mitra Pemerintah dalam memperbaiki kondisi kehidupan masyarakat yang berada di daerah Maluku. Taraf hidup yang memang belum layak akibat tidak meratanya hasil-hasil pembangunan, terutama pada daerah-daerah yang sulit dijangkau karena kendala sarana dan pra-sarana transportasi dan komunikasi, diperparah dengan kerusuhan seperti yang telah disinggung di atas. Masyarakat tidak dapat lagi tinggal diam menerima keadaan, namun sudah saatnya berupaya sendiri guna meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Dengan demikian, diharapkan bahwa masyarakat dan lingkungan hidup tidak lagi hanya menjadi obyek dari pelaksanaan program pemerintah seperti yang selama ini terjadi, melainkan masyarakat mulai belajar untuk memegang kendali dan berinisiatif dalam memperbaiki kondisi hidupnya sendiri dengan memanfaatkan lingkungan hidup di sekitarnya secara tepat guna sambil tetap memperhitungkan aspek pelestariannya. Sehingga masyarakat yang sudah mampu memberdayakan diri dan lingkungannya pada gilirannya mampu menjadi motor penggerak bagi masyarakat di sekelilingnya untuk mulai saling membantu, bekerja sama dalam menciptakan suatu tatanan sosial baru yang solider, dinamis dan optimis saat menatap ke depan. Melangkah dari keinginan yang ada maka pada tanggal 17 November 2005 berdirilah Yayasan Ika Siwa lima sebagai lembaga swadaya masyarakat yang ingin berbakti kepada masyarakat, pemerintah dan Tuhan.

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: