Yayasan Ika Siwalima

Bersama Membangun Maluku

Sekilas tentang kegiatan yang sudah dilakukan – Penyaluran Buku Perpustakaan Maret 2008

Dalam halaman informasi rencana kegiatan (lihat di sini), kami merencanakan untuk menyalurkan buku-buku penunjang kegiatan belajar-mengajar di SDK Hunuth. Kegiatan ini didanai oleh hasil persembahan kebaktian perayaan Natal 2007 masyarakat Kristiani Indonesia yang bermukim di wilayah Prancis Selatan lewat Konsulat Jendral RI di Marseille.

Dana yang kami terima ternyata mencukupi untuk membeli buku bagi dua SD, dan karenanya, melalui diskusi internal, kami memutuskan untuk menyalurkan buku-buku juga di SDK Nunialy, kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat. Berlokasi di daerah terpencil, anak-anak dan guru-guru di SD ini sudah lama kekurangan buku-buku penunjang yang memadai untuk memfasilitasi proses belajar-mengajar.

Banyak detil tak terduga yang kami jumpai, yang memperlambat penyaluran buku-buku ini. Mulai dari liburan sekolah, penyesuaian dengan silabus dan KTSP, pasokan buku ke toko buku yang terlambat sampai ke jalan menuju Taniwel yang rusak berat. Namun itu semua tidak menghalangi kami untuk bergerak. Buku-buku akhirnya terbeli dan kami sudah mengontak pihak Kepala Sekolah SD yang bersangkutan untuk mengkonfirmasi tanggal dan tempat pelaksanaan penyerahan.

Kami berhasil membawa buku-buku tersebut sampai ke SDK Nunialy walaupun hanya dengan menggunakan sepeda motor. Penyaluran di SDK Hunuth masih dalam proses konfirmasi dengan pejabat sekolah terkait.

Terima kasih kami ucapkan terutama untuk kepercayaan Masyarakat Kristiani Indonesia di wilayah Prancis Selatan dalam memberikan persembahan kebaktian bagi kegiatan ini, juga kepada Bpk. Robertus Irawan, Pejabat Konsuler KJRI Marseille bidang Sosial Budaya yang telah membantu kami terutama dalam penyaluran dana yang kami butuhkan bagi pelaksanaan kegiatan ini.

%d bloggers like this: