Yayasan Ika Siwalima

Bersama Membangun Maluku

Pembinaan dan Pengembangan Pokmaswas di Provinsi Maluku

Sumber: http://www.dkp.go.id

04/09/07 – Berita: Pengawasan Sumberdaya

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KELOMPOK MASYARAKAT PENGAWAS (POKMASWAS)
DI PROPINSI MALUKU

Pembinaan dan pengembangan POKMASWAS dilaksanakan di Propinsi Maluku (Ambon dan Kabupaten Kepulauan Aru). Hasil koordinasi dan rapat dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Maluku dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kepulauan Aru khususnya tentang perkembangan SISWASMAS di Kepulauan Aru terdapat hal-hal sebagai berikut:

  1. Keterkaitan pengawasan sumberdaya perikanan yang melibatkan masyarakat (SISWASMAS) di propinsi maluku sebetulnya sudah melekat dengan berkembangnya hukum adat di beberapa daerah yang dikenal dengan istilah SASI. Hukum adat ini melarang melakukan penangkapan sumberdaya perikanan di suatu ekosistem tertentu dengan batas waktu yang disetujui secara adat.
  2. Sampai pertengahan tahun 2007 POKMASWAS yang sudah berkembang di Propinsi Maluku sebanyak 33 POKMASWAS yang tersebar di Kabupaten/Kota. Di Kabupaten Kepulauan Aru, POKMASWAS tersebut belum berkembang mengingat Kabupaten ini merupakan Kabupaten Baru yang diresmikan tahun 2005 dan ditindak lanjuti dengan adanya pemilihan Bupati pada tahun 2006.
  3. Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Maluku, dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kepulauan Am sudah mengidentifikasi perkembangan masyarakat yang akan membentuk POKMASWAS di Kepulauan Aru. Pemerintah daerah mentargetkan berkembangnya POKMASWAS di Kepulauan Aru tahun 2007 sudah berdiri. Mengingat Kepulauan Aru terdiri dari sekitar 150 pulau dimana sebagain besar penduduknya bekerja sebagai nelayan kecil dan kegiatan sektor perikanan lainnya, dilain pihak illegal fiishing disekitar perairan laut Aru cukup banyak, maka keberadaan POKMASWAS di daerah ini akan sangat membantu.
  4. Tahun anggaran 2007 Pemerintah Daerah Propinsi Maluku (Dinas Perikanan dan Kelautan) mendapat dana INPRES dalam bentuk paket bantuan kapal perikanan skala kecil sebanyak 200 unit ukuran 1,5 GT (mesin 15 PK) dengan alat penangkap ikan jaring Gill Net monofilament dan pancing hand line. Nelayan yang akan menerima bantuan tersebut adalah kelompok nelayan dari Kabupaten Kepulauan Aru yang dalam opersionalnya merupakan plasma dari perusahan inti (PT. Pusaka Benjina Resources). Kelompok nelayan tersebut dalam perkembangannya bisa dijadikan sebagai embrio berdirinya POKMASWAS di Kabupaten Kepulauan Aru.
  5. Kelompok nelayan yang menerima bantuan paket kapal tersebut berasal dari pulau-pulau dan tiap kelompok berjumlah sekitar 5-8 orang, sehingga menimbulkan kesadaran kelompok nelayan tersebut ikut serta menjaga kelestarian sumberdaya perikanan dan perlunya kesadaran untuk ikut berperan serta dalam pengawasan sumberdaya perikanan secara bersama-sama dengan unsur pemerintah (aparat penegak hukum).
  6. Mengingat Kelompok Nelayan yang memperoleh bantuan paket sarana penangkapan ikan ini sudah ditentukan personilnya melalui Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 130 tahun 2007 tanggal 23 Juni 2007, maka pembinaan dalam rangka embrio berdirinya POKMASWAS tersebut dilakukan melalui pola kerjasama yang telah mengikat dalam bentuk pola PIR yang diterapkan antara plasma dan inti sesuai Surat Keputusan Bupati tersebut.
  7. Dilakukan identifikasi permasalahan terkait pengawasan sumberdaya perikanan di Kepulauan Aru. Di kepulauan Aru kegiatan kapal perikanan yang berukuran diatas 30 GT berpangkalan di pelabuhan umum Dobo dan pelabuhan perikanan swasta milik PT. Pusaka Benjina Resources. Dalam rangka penerapan SLO di dua pelabuhan tersebut, sudah ada petugas dari Dinas dan UPT PSDKP di Tual yang menempatkan petugas di pelabuhan. Kapal perikanan yang berpangkalan di Dobo pengawasannya di pelabuhan melalui penerapan Surat laik Operai (SLO) ditempatkan petugas dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kepulauan Aru. Sedangkan bagi kapal perikanan yang berpangkalan pelabuhan milik PT. Pusaka Benjina Resoerces dilakukan pengawasannya oleh petugas secara bergirir dari Satuan Pengawasan SDKP Tual yang bertugas sejak Maret 2007.

Sumber : Laporan bulan Juni 2007
Ditjen P2SDKP

No comments yet»

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: